Kamis, 06 November 2014

Tips untuk Pendaki Berhijab

di kutip dari wisatanature.com – Di dalam suatu organisasi pecinta alam kita pasti menemukan perbedaan, bisa dari perbedaan suku, ras, dan agama. Tapi lupakanlah itu semua karena kita adalah saudara, saudara tidak semestinya membeda-bedakan perihal itu. Sekarang mulai banyak wanita yang masuk dalam organisasi pecinta alam, dan tidak sedikit pula wanita yang berhijab atau menggunakan kerudung. Apakah anda salah satu Pendaki Berhijab ? kalau iya, anda harus membaca tips yang saya berikan untuk Pendaki Berhijab.

 
                                
  • Apa Saja Yang Harus Di Bawa Pendaki Berhijab ?

1. Kerudung Serep (cadangan)
Kerudung serep (cadangan) sangat penting bagi Pendaki Berhijab, kenapa ? karena kalian mendaki pasti berkeringat, gak mau dong nanti pas kaliat shalat kerudung kalian bau keringat atau juga bisa mengakibatkan iritasi pada leher karena keringat. Jadi kerudung serep (cadangan) sangat penting.

2. Alat Shalat
Alat shalat, kebanyakan pendaki melupakan ini dalam barang bawaannya, siapa bilang kita tidak bisa shalat saat mendaki. Untuk Pendaki Berhijab ini penting, karena sebagai umat muslim kita wajib beribadah terutama shalat 5 waktu dimana pun kalian berada dan apapun situasinya.

3. Tissue Basah
Di gunung, kita tidak bisa mandi tetapi wajib bebersih diri, khususnya ketika mau tidur. Tissue basah juga perlu saat anda buang air kecil atau besar, tidak mungkin anda menggunakan air bisa-bisa habis tuh persediaan airnya. Kalau mendaki gunung, anda cukup membawa tissue basah yang isi 50 sheets untuk perjalanan 2-3 hari. Jadi, sebelum tidur, anda melap seluruh badan dengan tissue basah baru berganti pakaian tidur. Kalau badan wangi dan bersih jadi lebih enak deh tidurnya.

4. Deodorant
Padahal ketika mendaki gunung, badan kita penuh keringat dan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi, solusinya adalah deodorant, bawa deodoran ukuran kecil saja dan dipakai di pagi hari sebelum memulai kegiatan.

5. Pembalut
Nah, ini nih wajib untuk perempuan ketika sedang datang bulan, bulan apa tuh ? hehehe. Ketika kita harus mendaki tetapi lagi “dapet” jangan lupa untuk membawa banyak kantong plastik kecil dan pembalut. Pembalut bekasnya dimasukkan ke kantong plastik kecil, lalu masukkan ke kantong plastik besar. Kantong itu jangan campur dengan barang bawaan di dalam carrier tetapi masukkan ke kantong kiri dan kanan carrier. Jadi, jangan coba-coba meninggalkan pembalut bekas di hutan ya. Nanti yang punya hutan marah lo… hahaha

6. Sunblock
Di gunung itu suhunya rendah, tapi sinar UV nya lebih kuat dibandingkan di kota. Jadi, semakin tinggi suatu tempat, resiko kulit terbakar juga semakin besar. Saya sendiri memakai sunblock, kulit memang menghitam, tapi tidak perih terbakar. Itu yang penting. Skin Aqua ini juga aman dipakai di muka dan tidak lengket seperti sunblock merk lain.

7. Buff / slayer
Buff atau slayer ini selain untuk menghangatkan leher, bisa jadi bandana. Jadi Pendaki Berhijab juga harus tampil cantik saat mendaki ya.. modus nih… wkwkwk

8. Topi
Kalau mukanya mau lebih terlindungi lagi ya pakai topi biar enak. Atau juga buat gaya gitu, yang ini bukan modus ya…

Itu tips yang bisa saya share ke teman-teman pendaki berhijab yang mau mendaki gunung. Mungkin ada tambahan silahkan, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar