Selasa, 11 November 2014

Greace Fitriana Chandramanik ,sahabat yang suka bercengkrama dengan alam



        Icha... begitulah sapaan akrab gadis kelahiran kota Pemalang ini. Sudah beberapa kali saya melakukan pendakian bersama Icha, dari dia lah saya belajar banyak hal tentang pendakian. Icha sudah mendaki beberapa gunung di Jawa tengah. Dia juga tergabung ke dalam organisasi pencinta alam di kampusnya. Icha suka sekali bercerita kepada saya mengenai petualangan-petualangan yang sudah ia lakukan. Dari Icha pula saya mendapatkan banyak pengetahuan tentang gunung-gunung di Indonesia.Maklum saja saya ini masih pemula dan masih banyak yang belum saya ketahui. Pernah sesekali saya bertanya padanya tentang mengapa ia tertarik untuk melakukan pendakian? Padahal itu bukanlah hal yang mudah , apalagi untuk perempuan seperti kami ini. Dengan lugasnya ia menjawab:

       "Dari semua perjalananku bercengkrama dengan alam, banyak sekali kenangan, pengalaman dan pelajaran yang aku dapat. Hingga akhirnya aku benar-benar jatuh cinta pada alam. Sebenarnya alam Indonesia itu banyak menyimpan keindahan di dalamnya, tapi sayang orang-orangnya kurang peduli dengan lingkungannya. Jadi ya banyak yang beranggapan kalo alam itu lebih kejam dari pada manusia. Itu salah kalo menurut aku, alam itu sudah menjajalankan sesuai tugasnya, dia menjadi beringas karena manusianya itu sendiri yang tidak mampu menghormati alam. Salah satu keinginanku sih ingin memperbaiki kerusakan alam saat ini, walaupun mungkin belum sampai skala besar , namun setidaknya aku ingin berkontribusi untuk alam tercinta ini. Alam yang sudah mengajarkan aku segalanya, dari mengerti diri sendiri, mengerti orang lain bahkan loyalitas terhadap sebuah kelompok. Seperti slogan yang aku lihat di gunung Lawu “Alam tidak akan memberi, jika kita tidak peduli.” dan juga seperti yang mas Adriyano Louizzao bilang ”Bergeraklah dari tempatmu terlelap dan temukan cerita yang lebih indah dari sebelumnya.” Aku harap ini bukan hanya sekedar hobi, tapi juga hobi yang bisa bermanfaat ."

         Saya setuju dengan  Icha bahwa alam banyak mengajarkan kita tentang hal-hal yang luar biasa. Sudah sepatutnya kita bersyukur dan berterimakasih pada Allah yang telah menciptakan alam Indonesia dengan begitu Indahnya. Menikmati juga harus dibarengi dengan menjaganya..agar bukan cuma saya atau Icha saja, tapi semua orang juga bisa menikmatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar